"Islamic Quotes"

Senin, Mei 09, 2011

^Pahlawan Kecil^


Pahlawan kecil…

Hari ini sekolahku begitu penuh sesak, maklum anak dari kelas I – VI berkumpul semua disini. Bukan karena mau nyambut saya akan datang (hehee… ya biasa ketemu kali’), tapi karena mau bersih-bersih sekolah. Persenjataan mereka sudah lengkap, dari kain lap, sapu dan ember  + baskom kecil. Ya, maklum saja,,, bentar lagi kakak kelas mereka akan melaksanakan ujian pada hari selasa nanti.

Setiap kelas sudah mendapat tugas, ada yang membersihkan kelas, membersihkan lapangan, membersihkan dinding sekolah dan juga membersihkan ruang guru. Ya, maklum aja ya kau air-air bersliweran tanpa permisi di depan kita, karena yang namanya anak-anak pasti mereka memanfaatkan apa aja untuk bergurau bersama teman. Dan kali ini medianya adalah air.


Saya dan guru-guru yang lain pun turut membantu membersihkan sekolah kami. Saya mengambil permbersih kaca dan koran untuk membersihkan kaca jendela kantor guru dan kepala sekolah. Tiba-tiba terdengar suara sumringah berucap., “Miss, saya bantu boleh ya?”
Dan dalam hitungan detik… suara itu bukan hanya terdengar dari satu mulut tapi beberapa mulut dan uniknya semua berjenis kelamin pria, sekali lagi laki-laki ^_^…

Mereka sudah memasang aba-aba untuk bergerak membantuku, dengan persenjataan lengkap mereka…. *kain serbet + air*.. hehee.. mereka hanya tinggal menunggu kode anggukan kepala dari saya. Saya berfikir sebentar… heeemmm… kalau mereka membantu, yang ada kaca ini bukannya kinclong tapi akan semakin buram. Tapi ketika kulirik lagi wajah mereka yang bersemangat dan sudah siap tempur, sayapun akhirnya mengalah. Fikirku,,,, ya gak papalah mereka membantuku, walaupun gak maksimal dan bakalan kerja dua kali. Yang pasti saya berusaha memberikan apresiasi atas I’tikad baik mereka.

1, 2 tiiiggaaa…. Mereka berebutan untuk membersih kaca. Tapi sebelum mereka menyentuh kaca, kuhentikan duluu….
Kuajarkan dulu cara membersihkan kaca yang baik dan benar sesuai dengan aturan pembersihan kaca yang berlaku dalam dunia pembersihan kaca… hehee…*ngomong apa sih*…

Syukurnya mereka mendengarkan dan mengikuti arahanku, sambil senyum dan berlomba bersama mereka akhirnya pekerjaan itupun selesai.
Tapi memang iya, saya mesti kerja dua kali, karena yang namanya anak kecil kerja-kerjanya pasti belum terlalu rapi dan sempurna, tapi semangat mereka masih luar biasa. Mereka serentak berujar…
“Miss… mana lagi nih yang mesti dibersihkan…”
Saya bergfikir sebentar… “Heemmm…. Oiya,.. ayo kita bersihkan pintu nya. Coba ambil kain serbetnya dan air…
Wah,,, tanpa perlu diulang perintahnya, mereka sudah bergerak mengambil serbet dan membersihkan pintu-pintu…

Sudah selesai membersihkan pintu, mereka bertanya lagi, “Miss.. yang mana lagi??
Saya berfikir sesaat, “heemm… sudah gak ada lagi, sekarang boleh jajan”.. mereka masih enggan bergerak, mereka masih ingin membantu membersihkan sekolah…
Dan saya hanya tersenyum…

Heemmm… para pahlawan-pahlawan kecil itu jiwa-jiwa masih muda, lugu, halus dan butuh dibentuk. Semoga upaya manusia-manusia bejat yang ingin menhancurkan fitrah tumbuhnya tidak berhasil..
Saya merasa bahagia menjadi guru sekolah dasar. Benar-benar merasa menjadi seorang ibu… bahkan dalam tidur kitapun yang kita fikirkan adalah anak-anak didik kita. Persoalan mereka, prestasi mereka dan segala hal tentang mereka…

Wajarlah jika Allah memberikan kemuliaan bagi seorang ibu. Saya yang belum menjadi ibu benaran saja bisa memikirkan anak-anak itu sebegitunya, apalagi para ibu yang melahirkan anak-anak dari rahim mereka..

Pahlawan-pahlawan kecilku…
Tetaplah tumbuh sesuai fitrahmu,,
Kembangkan rasa belas kasih dan ingin membantu…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar