"Islamic Quotes"

Senin, Mei 09, 2011

^Ini tentang Gosip^

Semoga kisah berikut bisa mengingatkan kita tentang bahaya lidah. Selalu berkata yang baik atau diam!

Seorang wanita meneruskan sedikit gosip yang ia dengar tentang tetangganya. Hanya dalam beberapa hari seluruh kampung telah mengetahui cerita itu. Orang yang digosipkan merasa tersinggung dan sakit hati. Di kemudian hari, wanita yang memulai gosip itu menyadari bahwa gosip itu ternyata sama sekali tidak benar. Ia merasa menyesal lalu mendatangi seorang bijak. Ia bertanya kepadanya cara memperbaiki kesalahan yang telah diperbuatnya.
“Pergilah ke pasar,” kata si orang bijak, “lalu belilah anak ayam dan mintalah agar disembelih sekalian. Kemudian dalam perjalananmu pulang, cabutlah bulu ayam itu dan jatuhkan satu demi satu di jalan yang kau lalui!”

Meskipun heran dengan nasihat itu, si wanita tetap melakukan apa yang diperintahkan kepadanya.

Hari berikutnya, si orang bijak berkata, “Sekarang, pergilah dan kumpulkan semua bulu yang kemarin kau jatuhkan lalu serahkan bulu-bulu itu kepadaku.”

Si wanita segera menelusuri jalan yang ia tempuh kemarin. Ia merasa kaget dan cemas melihat angin telah meniup semua bulu-bulu itu. Setelah berjam-jam mencari ia kembali hanya dengan tiga helai bulu saja di tangannya.

“Kau mengerti,” kata si orang bijak, “adalah mudah untuk menjatuhkan bulu-bulu itu, tapi mustahil mengumpulkannya kembali. Demikian pula halnya dengan gosip, tidak butuh waktu banyak untuk menyebarkannya, tetapi sekali kau lakukan, kau tidak akan dapat benar-benar mengoreksinya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar