Mengajar bahasa inggris pada anak-anak di elementary school memang perlu kesabaran, pembiasaan
dan kreatifitas yang tinggi. Kenapa? Karena anak-anak di elementary school
adalah anak-anak yang aktif dan dinamis. Jarang sekali anak-anak tersebut diam
ataupun mengantuk. Ada saja hal yang dilakukan oleh anak-anak tersebut. Bahkan guru
yang kadang tidak sabar untuk menghadapi kedimanisan dan kreatifitas mereka.
Bahasa inggris yang diajarkan kepada siswa di elementary school bukanlah sekedar pengetahuan
bahasa, tapi lebih pada keterampilan berbahasa. Maknanya ialah kita harus mampu membuat anak menggunakan bahasa inggris
dalam aktifitas-aktifitas kehidupannya sehari-hari. Maka diperlukan
pembiasaan berbahasa inggris dalam hal-hal yang sederhana kepada anak-anak. Lagu
merupakan salah satu alat yang dapat kita gunakan untuk memancing anak suka
kepada bahasa inggris. Selain itu lagu juga bisa membuat kita mengajarkan
pronounciation kepada anak tanpa perlu mengajarkan pengucapan kata demi kata
satu persatu. Lagu bisa merangsang anak untuk selalu melafalkan kata-kata demi
kata tanpa perlu merasa terbebani. Dan lagu juga sangat menyenangkan untuk
didendangkan dalam berbagai kondisi dan situasi. Kadang tanpa sadar kita
mendendangkan sebuah lagu yang kita dengar, hal ini terjadi karena kita sering mendengarkan lagu tersebut
walaupun kadang kita tidak ingin/tidak suka untuk mendendangkannya. Jadi dengan
pengulangan lagu tersebut sudah masuk ke alam bawah sadar kita dan
muncul sewaktu-waktu tanpa kita duga dan kita sadari. Ini yang disebut sebagai
pembiasaan.
Nah
anda tentunya tahu tentang syair dan nada dari lagu sayonara. Tapi lirik lagu
sayonara ini kita ubah menjadi lirik bahasa inggris. Kenapa? Karena lagu
sayonara adalah lagu yang common atau sering didengarkan oleh anak-anak. Jadi mereka
sudah mengetahui nadanya terlebih dahulu sehingga memudahkan dalam melafalkan
syair/ lirik dan nadanya.
Ide tentang
Lagu sayonara ini saya dapat dari teman, tapi saya merubah syair atau liriknya di
beberapa bagian karena beberapa alasan. Setelah kita mengajarkan anak-anak
tentang lagu ini dan anak-anak sudah mampu menyanyikannya dengan baik. Maka agar
lebih menarik Lagu ini dibiasakan untuk dinyanyikan ketika jam bahasa inggris
ditempatkan pada jam terakhir pelajaran. Jadi setelah anak-anak berdo’a untuk
pulang, secara serempak anak-anak menyanyikan lagu ini kemudian satu persatu
anak-anak berjalan dan bersalaman dengan guru. Kenapa? Agar anak mengetahui
konteks situasi untuk mengucapkan beberapa syair dari lagu sayonara ini. Selain
itu saya juga memasukkan beberapa unsur motivasi pada lagu tersebut.
Supaya
anda tidak penasaran, saya akan cantumkan lirik lagu sayonara tersebut dalam
versi englisnya..
Sayonara-sayonara…
Goodbye see you again
Sayonara-sayonara…
Goodbye see you again
Let’s be a good student
And diligent student
So we can be a champion in the class..
Let’s be a good student
And diligent student
So we can be a champion in the class..
Ini adalah sebuah lagu
sederhana dan banyak pengulangan. Untuk anak-anak di elementary school kita
tidak perlu memaksakan memasukkan begitu banyak kosakata kepada mereka. Sedikit
tapi sering diulang akan sangat efektif,
bermakna dan memudahkan anak untuk menggunakannya. Saya sudah mempraktekkan
lagu ini untuk anak-anak kelas 5 dan 6. Dan mereka tertarik untuk
menyanyikannya dan mengulangnya. Mungkin, jika anda adalah seorang guru bahasa
inggris. Anda dapat mencoba melakukan hal ini kepada murid-murid anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar