"Islamic Quotes"

Selasa, November 09, 2010

Sayonara



Mengajar bahasa inggris pada anak-anak di elementary school memang perlu kesabaran, pembiasaan dan kreatifitas yang tinggi. Kenapa? Karena anak-anak di elementary school adalah anak-anak yang aktif dan dinamis. Jarang sekali anak-anak tersebut diam ataupun mengantuk. Ada saja hal yang dilakukan oleh anak-anak tersebut. Bahkan guru yang kadang tidak sabar untuk menghadapi kedimanisan dan kreatifitas mereka.


Bahasa inggris yang diajarkan kepada siswa di elementary school bukanlah sekedar pengetahuan bahasa, tapi lebih pada keterampilan berbahasa. Maknanya ialah kita harus mampu membuat anak menggunakan bahasa inggris dalam aktifitas-aktifitas kehidupannya sehari-hari. Maka diperlukan pembiasaan berbahasa inggris dalam hal-hal yang sederhana kepada anak-anak. Lagu merupakan salah satu alat yang dapat kita gunakan untuk memancing anak suka kepada bahasa inggris. Selain itu lagu juga bisa membuat kita mengajarkan pronounciation kepada anak tanpa perlu mengajarkan pengucapan kata demi kata satu persatu. Lagu bisa merangsang anak untuk selalu melafalkan kata-kata demi kata tanpa perlu merasa terbebani. Dan lagu juga sangat menyenangkan untuk didendangkan dalam berbagai kondisi dan situasi. Kadang tanpa sadar kita mendendangkan sebuah lagu yang kita dengar, hal ini terjadi  karena kita sering mendengarkan lagu tersebut walaupun kadang kita tidak ingin/tidak suka untuk mendendangkannya. Jadi dengan pengulangan  lagu tersebut  sudah masuk ke alam bawah sadar kita dan muncul sewaktu-waktu tanpa kita duga dan kita sadari. Ini yang disebut sebagai pembiasaan.

Nah anda tentunya tahu tentang syair dan nada dari lagu sayonara. Tapi lirik lagu sayonara ini kita ubah menjadi lirik bahasa inggris. Kenapa? Karena lagu sayonara adalah lagu yang common atau sering didengarkan oleh anak-anak. Jadi mereka sudah mengetahui nadanya terlebih dahulu sehingga memudahkan dalam melafalkan syair/ lirik dan nadanya.

Ide tentang Lagu sayonara ini saya dapat dari teman, tapi saya merubah syair atau liriknya di beberapa bagian karena beberapa alasan. Setelah kita mengajarkan anak-anak tentang lagu ini dan anak-anak sudah mampu menyanyikannya dengan baik. Maka agar lebih menarik Lagu ini dibiasakan untuk dinyanyikan ketika jam bahasa inggris ditempatkan pada jam terakhir pelajaran. Jadi setelah anak-anak berdo’a untuk pulang, secara serempak anak-anak menyanyikan lagu ini kemudian satu persatu anak-anak berjalan dan bersalaman dengan guru. Kenapa? Agar anak mengetahui konteks situasi untuk mengucapkan beberapa syair dari lagu sayonara ini. Selain itu saya juga memasukkan beberapa unsur motivasi pada lagu tersebut.

Supaya anda tidak penasaran, saya akan cantumkan lirik lagu sayonara tersebut dalam versi englisnya..
Sayonara-sayonara…
Goodbye see you again
Sayonara-sayonara…
Goodbye see you again

Let’s be a good student
And diligent student
So we can be a champion in the class..

Let’s be a good student
And diligent student
So we can be a champion in the class..

Ini adalah sebuah lagu sederhana dan banyak pengulangan. Untuk anak-anak di elementary school kita tidak perlu memaksakan memasukkan begitu banyak kosakata kepada mereka. Sedikit tapi sering diulang  akan sangat efektif, bermakna dan memudahkan anak untuk menggunakannya. Saya sudah mempraktekkan lagu ini untuk anak-anak kelas 5 dan 6. Dan mereka tertarik untuk menyanyikannya dan mengulangnya. Mungkin, jika anda adalah seorang guru bahasa inggris. Anda dapat mencoba melakukan hal ini kepada murid-murid anda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar