"Islamic Quotes"

Senin, November 08, 2010

Keping Mata uang: Gerakan…



                Anda tentu pernah melihat uang logam. Entah itu yang seratus perak, dua ratus perak, lima ratus perak ataupun keping uang logam yang terbaru yaitu seribu perak. Apa yang anda lihat??
Tentunya jawabannya tergantung dari sisi mana anda melihat keping tersebut. Nah, sebenarnya kita perlu banyak belajar dari keping uang logam ini. Karena setiap keping uang punya sisi yang berbeda tapi tetap satu kesatuan.
                Begitulah aku memandang gerakan HT dan gerakan Tarbiyah. Berbeda tapi tetap satu kesatuan pada dasarnya. Tapi sayangnya perbedaan yang sebenarnya menyatukan ini belum disadari oleh kedua gerakan ini. Kedua gerakan masih sibuk mempeributkan perbedaan yang tampak. Ibarat kita sedang memandang sisi uang. Maka supaya padangan itu menyeluruh maka perlu memandang dari kedua sisi mata uang tersebut.
                Yang terjadi hari ini, gerakan HT memandang mata uang pada sisinya, dan memaparkan apa fakta yang terlihat dari sisi mata uang yang dilihatnya. Sedangkan gerakan tarbiyah memandang dari sisi yang lain. Gerakan tarbiyah juga memaparkan fakta yang terlihat dari sisi mata uang yang dilihatnya. Sehingga masing-masing kelihatan saling bertolak belakang. Kenapa???  karena mereka melihat pada sisi masing-masing dan dengan kacamata masing-masing. Jika hal ini terus berlanjut, maka yang terjadi adalah perdebatan, dialog atau diskusi yang tidak akan menemukan titik temu. Dan punya potensi untuk terpecah belah, “berperang”  dengan saudara sendiri dan tidak menjadi wihdatul ummah. Karena sama-sama berangkat pada sisi yang berbeda dan cara pandang yang berbeda.
                Amat disayangkan, kedua gerakan yang sejatinya satu kesatuan ini tidak bisa bersatu dan bersinergis. Atau minimal membentuk suatu aliansi ideologis. Karena menurut saya dengan bersinerginya kedua gerakan ini maka cita-cita gerakan yang sama yaitu : Kebangkitan Islam dan Kemenangan Islam akan dapat dicapai dan diperoleh.
                Lantas apa yang mesti dilakukan oleh kedua gerakan untuk mulai bersinergi??
Kedua gerakan ini mesti memulai dengan sebuah I’tiqad baik. Sebuah husnudzhon. Dan mulai belajar untuk melihat sesuatu dari sisi yang berbeda. Seperti kedua sisi mata uang yang berbeda tapi tak pernah bertemu walaupun mereka satu-kesatuan dan tetap menjalankan peran masing-masing. Nah begitulah yang harus dilakukan kedua gerakan, tidak usah meributkan perbedaan, tapi mulai untuk membuat agenda bersama yang berhubungan erat dengan pencapaian tujuan walaupun hal itu sangat sederhana.
                Sebenarnya ada satu cara lain yang dapat dilakukan kedua sisi mata uang untuk bisa melihat satu sama lain. Kedua sisi tersebut membutuhkan sebuah bantuan, yaitu sebuah kaca. Ya, kaca. Kaca yang bisa membuat kedua gerakan tersebut bisa saling melihat dari sisi yang berbeda. Bahwa apa yang mereka lihat secara kasat mata dan fakta yang ada yang hanya terlihat pada satu sisinya saja, ternyata benar. Dan apa yang gerakan lain lihat secara kasat mata dan fakta yang dipaparkan oleh gerakan lain atas kebenaran argumentasinya pada sisi yang lain ternyata juga  benar. Nah, jika kedua gerakan sudah melihat kedua sisi dan mengetahui bahwa ternyata kedua-duanya sama-sama benar, hanya berbeda pada tampakan tapi tidak berbeda fungsi maka kenapa mesti sulit untuk bersinergi.
                Ya dibutuhkan saat ini oleh kedua gerakan adalah mau untuk melihat dari sisi berbeda dan percaya bahwa apa yang dilakukan oleh masing-masing gerakan adalah benar. Dan setelah itu mereka dapat bersinergi, bahu membahu untuk menegakkan khilafah islamiyah dengan cara dan metode masing-masing. Apapun metode yang dipilih oleh masing-masing gerakan tentunya sudah melalui diskusi dan musyawarah oleh orang-orang memiliki kafaah di masing-masing gerakan. Itu yang seharusnya dilakukan oleh kedua gerakan: Berprasangka baik. Setelah itu mulai untuk mendiskusikan peran-peran gerakan yang lebih strategis, solutif dan produktif untuk mencapai cita-cita dakwah.
                Kalau hal ini terjadi saya yakin bahwa kemenangan dan kebangkitan islam akan segera tercapai.
Pertanyaannya, maukah kita mencoba??


Tidak ada komentar:

Posting Komentar