"Islamic Quotes"

Selasa, April 12, 2011

PRINSIP-PRINSIP DASAR AL-QUR’AN



Surat Al- Fatihah mengingatkan kita akan prinsip-prinsip dasar agama dan nilai-nilainya yang agung, yaitu:
1.Nikmat-nikmat Allah swt ( Alhamdulillahirabbil ‘alamin)

2.Ikhlas dengan kalimat (iyya kana’budu), hanya untuk-Mu satu-satunya ya Allah ibadah ini, kami tidak menyembah kecuali hanya kepada Engkau dan tidak meminta pertolongan kepada siapapun, selain Engkau (waiiya kanasta’iiin.

3. Memohon dikaruniai sahabat-sahabat yang shalih (Ihdinashirathal mustaqiim, shirathal ladzi na an’amta ‘alaihim)

4.Mewaspadai shahabat-shahabat yang jahat (ghairil maghdhuu bi ‘alaihim waladhoooolliiin).

5.Nama-nama Allah yang baik, terutama nama-nama Allah (arrahman.. arrahim). Sebab prinsip yang melandasi hubungan Allah dengan manusia adalah rahmat. Oleh karena itu, kalimat Ar-Rahman Ar-Rahim diulang dua kali dalam surat ini.

6.Istiqomah (ihdinashirathal mustaqim)

7.Hari akhir dan persiapan menghadapinya (maalikinnas) dan (ihdinashirathal mustaqim).

8.Urgensi doa dan adab berdo’a. surat ini di akhiri dengan do’a.

9.Ummat kita adalah ummat yang satu …. Surat Al-Fatihah menggunakan bentuk jamak (plural), bahkan doa yang dicantumkan pun dalam bentuk plural. Karena itu, meskipun seseorang shalat di kamar sendirian tidak sah apabila ia membaca ; (iyyaka a’budu waiiya ka asta’iin) (Hanya Engkaulah yang saya (bentuk tunggal) sembah dan hanya kepada Engkaulah saya mohon pertolongan), atau “ihdiniishirathal mustaqiim”  (Tunjukilah saya jalan yang lurus), tapi ia wajib mengucapkan “ Ihdina” dan “Iyyakana’budu waiyyakanasta’iin” semuanya menggunaka bentuk jamak, sehingga seseorang menyadari bahwa dirinya merupakan bagian dari umat, bukan sendirian di alam ini.

* Di ambil dari buku Khowatir Qur’aniyah (Kunci memahami Tujuan Surat-surat Al-Qur’an) yang ditulis oleh Amru Khalid pada halaman 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar