"Islamic Quotes"

Sabtu, Juli 30, 2011

Ikrar Ramadhan


31 Juli 2011
Deg..deg an,,.
 
Detik-detik Ramadhan sudah hampir datang. Sudah dalam hitungan jam. Tidak lagi hari. Alhamdulillah, Allah masih memberikan ku waktu untuk berjumpa dengan Ramadhan. Ramadhan kali ini begitu berbeda,. Rasanya Allah benar-benar sudah menyiapkan diriku untuk memasukinya. Allah sudah membersihkan hatiku, membuatku mengikhlaskan niatku hanya untuk-Nya saja. Tanpa terselip apapun disana. Dan juga Allah sudah menyiapkan jiwa dengan nasehat-nasehat kehidupan pada hari-hari dan bulan-bulan sebelumnya. Ya Allah jangan jadikan ini Ramadhan terakhir hamba. Hamba mohon ya Allah.


Ramadhan kali ini memang berbeda. Ramadhan 2009 Hari lahirku jatuh pada minggu pertama Ramadhan. Saya sangat bahagia sekali karena hari lahirku bareng dengan kehadiran bulan suci dan mulia ini. Ramadhan 2010.. hari lahirku jatuh pada malam ke 21 Ramadhan. Saya masih ingat pada malam itu saya beri’tiqaf di Mujahidin. Perasaan saya pada malam itu deg-degan. Berdebar tak karuan. Segera saya berwudhu dan sholat tahajud. Kemudia tilawah dan Alhamdulillah akhirnya bisa tenang. Pada saat itu ketika saya keluar menuju tempat wudhu akhwat, saya merasakan malam begitu hening dan sunyi senyap. Saya berdebar-debar, apakah malam ini malam lailatul qadr. Karena suasananya begitu berbeda. Bahkan ketika sholat saya merasakan badan saya gemetaran, tapi hati saya merasa tenang. Saya benar-benar menikmati malam itu.. dan sekarang hari lahir saya jatuh pada hari kedua syawal. Ini bertepatan dengan hari kemenangan. Ya Allah, sungguh anugerah yang Luar biasa. Semoga saya dapat mencapai kemenangan itu. Aamiin
Menang dan mendapat predikat taqwa.. aamiin

Dan saat ini...
Mempersiapkan diri, itu yang mesti kulakukan, salah satunya membuat beberapa targetan di bulan Ramadhan ini. Baiklah kita mulai ikrarnya,

“Saya yang bernama YETI LISMANI dengan ini membuat ikrar yaitu tidak akan membiarkan sedetikpun waktu terbuang percuma, tanpa amal kebaikan di bulan Ramadhan ini. Saya akan bersungguh-sungguh memanfaatkan bulan Ramadhan ini hingga bermanfaat untuk dunia dan akhirat saya. Saya akan bersungguh-sungguh mencapai setiap targetan yang saya buat selama bulan Ramadhan ini. Dan saya berniat untuk naik tingkat dalam berpuasa. Yaitu tingkatan kedua. Atau bahkan tingkatan ketiga sebagaimana termaktub dalam buku Tazkiyatun Nafs. Dan tidak lagi berada pada tingkatan pertama. Dan saya akan bersungguh-sungguh berusaha mencapai predikat taqwa itu.”

Demikianlah ikrar Ramadhan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Tanpa ada paksaan. Semoga Allah yang Maha Melihat dan Maha Pengasih memberikan saya kekuatan, kesehatan dan kemampuan untuk mencapai ikrar saya ini. Dan semoga Allah yang Maha Bijaksana mengabulkan ikrar saya ini,.. aaamiiin ya Rabbal alamin.


Targetan bulan Ramadhan 1432 H
1.       Sholat Lima waktu tepat waktu setiap harinya
2.       Sholat dhuha setiap harinya
3.       Sholat tarawih + sholat tahajud setiap malamnya
4.       3 hari dalam masa liburan menyambut Ramadhan ini khatam 1 kali. Berarti 1 hari 10 juz membaca Al-qur’an secara tartil dan sesuai dengan hukum-hukum tajwid
5.       Minimal khatam 3 kali selama  bulan Ramadhan (minimal membaca Al-qur’an 3 juz per hari)
6.       Membaca tafsir juz 28 dan buku Kisah Para Nabi karangan ibnu katsir
7.       Muraja’ah hafalan juz 30 + 29 + 28 berikut arti dan maknanya
8.       Bersedekah setiap hari, minimal sebiji kurma
9.       Berjalan kaki setiap pagi (berolahraga) setelah sholat subuh sambil muraja’ah hafalan
10.   Al-matsurat Qubro dua kali se hari
11.   Berbagi nasehat baik lewat FB, atau sms setiap hari satu kali setiap pagi
12.   Tidak menonton TV, kecuali ada sesuatu yang penting
13.   Menjauhkan diri dari kelompok-kelompong ghibah
14.   Tidak berperang mulut (berdebat) selama bulan Ramadhan
15.   Memaafkan orang lain dan memohonkan ampunan kepada Allah setiap malamnya sebelum tidur
16.   Tidur efektif dan efisien, tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat. Tapi tidur yang menyehatkan.


Demikianlah target Ramadhan saya 1432 H. Bisa bertambah tapi tidak bisa berkurang. Semoga Allah mengabulkan dan memberikan kemudahan dan petunjuk-Nya hingga saya dapat mencapai target Ramadhan. aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar